Kampar

Dinas Perkebunan Peternakan dan Keswan Kampar, Targetkan 1150 ekor Kerbau IB

KAMPAR, Sebanyak 1150 ekor kerbau khususnya di Kabupaten Kampar, Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan, menjelang Hari Raya Idhul Fitri (Hari Raya Qurban), sudah melakukan sosialisasi ke sejumlah desa, dengan menargetkan Inseminasi Buatan (IB).

Hal ini disampaikan oleh Kadis Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kampar Ir.Syahrizal melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan drh.Deyus Herman saat dikonfirmasi wartawan, kamis (23/07/2020).

Dikatakannya, bahwa saat ini sudah dilaksanakan, akan tetapi yang pada saat pandemi Covid-19 ini, bebarapa item kegiatan kita tertunda, padahal dari awal tahun kita sudah melaksanakan diberbagai daerah, ujarnya.

Deyus menambahkan, bahwa seperti yang ada di beberapa Desa, seperti Desa Limau Manis yang sebagai Pilot project, Desa Kasikan Tapung Hulu, Desa Kumantan, Koto Tibun dan juga di beberapa desa lainnya, kita sudah melakukan sosialisasi Inseminasi Buatan (IB) kerbau di Desa Gunung Bungsu, ujar Deyus.

“Sementara itu, peluang kerbau di Kabupaten Kampar sangat menjanjikan, apalagi kerbau merupakan komoditas kurban pada Hari Raya Idhul Fitri (Hari Raya Qurban) yang utama khususnya di Kabupaten Kampar ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, Deyus menyampaikan, bahwa seperti di Gunung Bungsu, untuk Qurban kerbau mencapai 400 ekor, saat kita sosialisasi, itu hanya yang ada di satu desa saja.

“Target kita sekitar 1150 ekor kerbau mendapat teknologi Inseminasi Buatan (IB), setiap tahun Hari Raya Qurban di Kabupaten Kampar sekitar 5.000 ekor,”

Deyus berharap, dengan program Inseminasi Buatan (IB) ini, hendaknya akan memenuhi kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Kampar khususnya,” ungkap deyus.

Penulis : Dy

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close