Kampar

Tindaklanjuti Himbauan Gubri Tentang Karhutlah, Disbunakkeswan Kampar Surati Camat

KAMPAR, Menindak lanjuti himbauan Gubernur Riau dalam antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di Provinsi Riau dengan Nomor 01/Peng/2020. Dinas Perkebunan,Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disbunakkeswan) Kabupaten Kampar akan menyurati setiap Camat.

Hal ini disampaikan Kepala Disbunakkeswan Ir.Sahrizal melalui Kabid Perkebunan Tamrin saat dikonfirmasi diruang kerjanya senen (20/07/2020). dikatakannya bahwa kondisi saat ini pertama terkait dengan Pandemi Covid-19, dan hasil prediksi BMKG akhir juni 2020 akan memasuki musim kemarau.

“Agar Karhutla ini tidak terjadi nantinya, tentu ada tindakan antisipasi, Pemerintah Provinsi Riau menerbitkan keputusannya dengan No 156 Tahun 2020 tanggal 19/02/2020 tentang penetapan status siaga dan web bencana Karhutla tahun 2020,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatannya, bahwa ini tentu menjadi pedoman bagi kabupaten dalam mengantisipasi dalam bencana Karhutla. Sebelumnya Gubernur Riau juga menghimbau jauh hari agar antisipasi ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka Gubernur Riau mengeluarkan himbaun dengan No 01/Peng/2020.

Dijelaskannya, bahwa dengan himbaun ini Disbunakkeswan Kampar menindaklanjuti kepada Pemerintahan Kecamatan yang berada diwilayah kerjanya, untuk meneruskan terhadap pelaku-pelaku usaha perkebunan maupun masyarakat untuk meneruskan himbauan ini sampai ketingkat bawah seperti masyarakat/Desa. Agar bisa menyampaikan surat edaran melalui dari Dinas ini, kirannya nanti dengan surat edaran ini, bisa membantu untuk meneruskan di wilayah kerjanya masing- masing.

“Kemudian di Desa kita sudah ada Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) yang sudah terbentuk di beberapa Desa, dan ini kita akan himbau juga dengan kita dorong oleh Dinas, dan tetap dipantau oleh Dinas yang ada dibawah Kasi Konsultasi Lahan, dengan ini ada Sinergitas antara KTPA ini dengan Camat,Desa dan Perusahan/Pelaku usaha Perkebunan yang berada di Kabupaten Kampar khususnya,” imbuhnya.

Ditambahkan Tamrin, bahwa tujuan dilakukan tindaklanjuti ini untuk meneruskan hinbauan ini sebagai perpanjang tangan dari Gubernur Riau untuk ditindaklanjuti kepada Camat sebagai lenesetor perpanjang tangan dari Bupati Kampar, dan diteruskan kepada Desa untuk menghinbau kepada masyarakat yang berada di wilayahnya tentang Karhutla agar tidak dipandang enteng oleh masyarakat, tutupnya.

Penulis :Ed

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close