Kampar

Tingakatkan Populasi IB Ternak Sapi, Disbunakkeswan Kampar Juga Melakukan IB Ternak Kerbau

KAMPAR – Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disbunakkeswan) Kabupaten Kampar di tahun 2020, selain program peningkatan populasi ternak Sapi dengan melakukan Isimilasi Buatan (IB) yang merupakan program dari Kementerian Pertanian, juga melakukan IB terhadap ternak Kerbau.

Sebagian besar masyarakat di Kabupaten khususnya banyak yang memelihara hewan kerbau pada umumnya, dan pada tahun 2020 ini, kita sudah menargetkan Insimilasi Buatan IB sebanyak 1150 ekor kerbau yang sudah ada di beberapa kecamatan. Ujar Kepala Dinas Disbunakkeswan Kampar Ir. Syahrizal melalui Kepala Bidang Peternakan Ali saat dikonfirmasi diruang kerjanya, kamis (26/11/20).

Dikatakannya, bahwa untuk di Kabupaten Kampar khususnya, kita sudah menargetkan 1500 ekor kerbau, dan ini adalah progam Pemerintah Pusat yang diberi nama Sapi, kerbau Komuditas Andalan Negeri (Sikomandan),” ungkap Ali.

“Tahun 2020 ini IB kerbau belum mencapai maksimal, hal ini disebabkan ada kendala yang kita temui. Diantaranya adalah kebiasaan ternak kita yang memelihara Kerbau dengan cara dilepaskan sehingga sulit mendeteksi kapan Kerbau tersebut ingin kawin,” ujarnya

Lebih lanjut, Ali menambahkan, untuk Kerbau sendiri sulit untuk kita ketahui tanda – tanda ingin kawinnya, dan ini memerlukan pantauan khusus oleh peternak itu sendiri, Dari target 1150 hanya terealisasi sebanyak 68 hingga saat ini.

“Untuk 2021 nanti, kita akan mencoba meningkatkan IB terhadap hewan ternak Kerbau serta dengan memberikan sosialisasi kepada Peternak agar lebih paham mengenai hal ini,” tutupnya. (Di/**)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close