Kampar

Tingkatkan Populasi Hewan Ternak, Disbunakkeswan Kampar Terus Bekerja Keras Untuk Hasil IB

Tingkatkan Populasi Hewan Ternak, Disbunakkeswan Kampar Terus Bekerja Keras Untuk Hasil IB

KAMPAR – Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disbunakkeswan) Kabupaten Kampar bekerja keras untuk membuahkan hasil dalam Insimilasi Buatan (IB) pada hewan ternak dapi dan kerbau pada progam Kementrian Pertanian (Kementan).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perkebunan,Peternakan dan kesehtan Hewan Kabupaten Kampar Ir. Syahrizal melalui Kabid Peternakan saat dikonfirmasi diruang kerjanya, (26/11/2020)

Disampaikannya bahwa, sesuai dengan Permentan No.48 Tahun 2016, progam Kementan yang diberi nama SIKOMANDAN (Sapi, Kerbau Komuditas Andalan Negeri) akan meningkatkan populasi hewan ternak sapi dan kerbau.

“Dalam Insimilasi Buatan (IB), sesuai dengan Permentan No 48 Tahun 2016, kita berupaya meningkatkan populasi hewan ternak,” ujar Ali.

Untuk saat ini, lanjut Ali, populasi sapi di daerah kabupaten kampar sesuai data BPS, sudah mencapai 28.755 ekor yang terdiri dari 7.680 ekor sapi jantan dan 21.057 ekor sapi betina.

“Pada capaian 28.755 ekor, kita di Kabupaten Kampar sudah menjadi percontohan dalam progam Insimilasi Buatan (IB),” ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa target kelahiran mencapai 3620 ekor pada tahun 2020, sementara target Bunting mencapai 4200, hingga saat sekarang hampir mencapai 99 persen lebih.

“Hanya pada saat ini, dalam Pandemi Covid-19, Progam Insimilasi Buatan (IB) pada tahun 2020 agak berpegaruh, dan hendaknya hingga akhir tahun bisa mencapai target,” ungkapnya (Di)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close