DumaiRiau

Menggunakan KRI Banda Aceh Satgas Pamtas Sektor Utara Yonif 132 / BS Di Berangkatkan Oleh Pangdam I BB Ke Provinsi Papua

Jarrakposriau.com Dumai – Upacara pengantaran Satgas Pamtas RI-PNG sektor Utara Yonif 132/BS Di provinsi Papua TA 2022 dilaksanakan di Pelabuhan Dermaga C PT Pelindo, Jalan Datuk Laksamana Kota Dumai.

Upacara pelepasan di mulai pada pukul 09.00 wib Senin 26 September 2022, dihadiri oleh Walikota Dumai H.Paisal.SKM.Mars, serta unsur Forkopimda kota Dumai.

Dalam pidatonya, Pangdam I Bukit Barisan Mayor Jendral TNI Achmad Daniel Chardin membacakan amanatnya bahwa ” Sebagai seorang prajurit yang harus dibuktikan dalam pelaksanaan tugas operasi dengan harapan kalian mampu mengemban tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab demi keutuhan dan kedaulatan Negara kesatuan republik Indonesia di wilayah perbatasan RI – PNG, perlu kita pahami bersama bahwa wilayah perbatasan merupakan daerah yang rawan terhadap aksi kelompok bersenjata, pelanggaran lintas batas, penyelundupan maupun pergeseran patok atau batas wilayah negara.

Dikaitkan dengan perkembangan situasi keamanan terakhir di wilayah Papua khususnya di daerah perbatasan masih sering terjadi aksi dari kelompok bersenjata yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia oleh karena itu kondisi tersebut menuntut kewaspadaan kesiap siagaan dan kepekaan dari seluruh prajurit Satgas Yonif 132/BS untuk dapat melaksanakan tugas pengamanan perbatasan Darat RI- PNG sektor Utara di Wilayah Papua dengan baik dan optimal.

“Untuk itu saya perintahkan kepada seluruh prajurit agar selalu waspada dan siap siaga serta jangan pernah ragu dalam melaksanakan tugas guna menegakkan Integritas dan menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan prosedur yang berlaku, para prajurit tradisional yang saya banggakan sebelum mengakhiri amanat ini ada beberapa penekanan untuk dipedomani oleh seluruh Prajurit Satgas 132 Bima sakti dalam melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan Darat RI-PNG sektor Utara di wilayah Provinsi Papua sebagai berikut,”

1. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam setiap pelaksanaan tugas di manapun berada.

Banner Iklan Sariksa

2.Laksanakan tugas ini dengan mengedepankan operasi teritorial didukung operasi intelijen dan operasi tempur secara profesional dan proporsional sesuai prosedur yang berlaku.

3.Pahami hormati kultur budaya dan adat istiadat masyarakat setempat serta rebut simpati hati dan pikiran rakyat di daerah perbatasan sehingga terjalin kemanunggalan TNI dengan rakyat dengan harapan kehadiran kalian dapat diterima masyarakat khususnya masyarakat perbatasan dengan penuh rasa kekeluargaan dan tanpa melupakan kewaspadaan serta tidak mudah terpancing oleh segala bentuk provokasi .

4.Jalin komunikasi yang harmonis koordinasi dan kerjasama yang baik dengan aparat pemerintah setempat dan instansi lainnya yang berwenang dan bertugas di perbatasan NKRI PNG , sehingga kendala yang kalian hadapi di daerah operasi dapat diatasi dengan baik.

5.Kendalikan diri dalam situasi apapun di medan tugas patuhi dan laksanakan petunjuk serta perintah pimpinan kalian di lapangan jaga martabat dan kehormatan Kodam 1 Bukit Barisan di manapun kalian berada dan bertugas hindari segala bentuk pelanggaran di daerah operasi dan fokus dalam melaksanakan tugas operasi serta tidak tergoda dengan kegiatan-kegiatan di luar tugas pokok yang dapat memberikan keuntungan sesaat.

6. Hindari segala bentuk pelanggaran didaerah operasi dan fokus dalam melaksanakan tugas operasi serta tidak tergoda dengan kegiatan-kegiatan diuar tugas pokok yang dapat memberikan keuntungan sesaat.

7.Jaga martabat dan kehormatan Kodam I BB dimanapun berada dan bertugas.

8.Selama bertugas selalu menjaga kesehatan dan kebugaran fisik serta perhatikan faktor keamanan akhirnya dengan tekad dan semangat yang tinggi yang dilandasi oleh komitmen untuk selalu berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Satgas Yonif 132 Bima sakti secara resmi di berangkatkan oleh Pangdam I BB ke daerah operasi untuk melaksanakan tugas Pengamanan Perbatasan Darat RI- PNG sektor Utara di wilayah provinsi Papua.

Semoga Tuhan yang maha pengasih dan penyayang senantiasa memberikan petunjuk kekuatan dan lindungannya kepada kita semua, Ujar Pangdam Menutup Pidato nya.

Di acara pelepasan Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Sektor utara Yonif 132/BS, juga hadir Kodim 0320/Dumai sebagai tuan rumah , Kodim 0303/Bengkalis, Kodim 0321/Rohil, Kodim 0322/Siak, Kodim 0301/PKU serta jajaran Korem 031/Wira Bhima.

Pelepasan Satgas Pamtas berjalan dengan tertib dan kondusif, dengan menggunakan KRi Banda Aceh ,serta diiringi dengan doa dari masing masing keluarga, rekan sejawat dan seluruh tamu undangan agar prajurit kita selamat pergi dan pulang dalam mengemban tugas serta selalu dalam lindugan Tuhan Yang Maha Esa tutur Dandim 0320/Dumai Letkol Arh. Hermansyah Tarigan.S.E. menambahkan.
(Diana)

Banner Iklan Sariksa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button